Tulisan berjalan

Selamat datang... semoga anda mendapatkan yang diinginkan :)untuk apresiasi kami, kakak boleh kok klik iklan google adsense nya, insyaAllah gak bahaya, malah kakak bantu kami dapet duit gaketang dikit, semoga rejeki kakak melimpah

Tuesday, September 2, 2014

Penyakit Lisan


Lisan adalah pedang yang amat besar, panjang, dan tajam. Sangat mengerikann saat menggunakannya, bisa saja malah melukai diri sendiri dan bisa saja orang terdekat. maka benar pepatah yang mengatakan Silence is Gold. karena Rosulullah saw juga bersabda:
“barang siapa yang diam maka dia selamat.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Damiri)

berikut adalh penyakit-penyakit lisan yang dapat membuat kita celaka:
 
Penyakit lisan yang pertama adalah membicarakan sesuatu yang tidak penting
“Salah satu bentuk kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan segala sesuatu yang tidak penting baginya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Penyakit lisan yang kedua adalah pembicaraan yang tidak memiliki manfaat atau bercerita tentang sesuatu dengan tambahan kalimat yang tidak dibutuhkan
“sesungguhnya seorang laki-laki benar-benar mengucapkan satu kata untuk membuat teman-teman duduknya tertawa. Karena itu, dia terjatuh ke dalam jahanam lebih jauh daripada bintang kartika.” (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Penyakit lisan yang ketiga adalah ketika seseorang membicarakan kebatilan dan kemaksiatan.

Penyakit lisan yang keempat adalah berbantahbantahan dan berdebat
“barangsiapa yang meninggalkan perdebatan sedang dia benar, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di bukit surga. Begitu juga, barang siapa yang meninggalkan perbantahan, sementara dia salah, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di lembah surga.” (HR. Tirmidzi).

Penyakit lisan yang kelima adalah bertengkar
“Orang yang dibenci oleh Allah adalah orang yang keras ketika bertengkar.” (HR. Tirmidzi, Baihaqi, dan Ahmad).
“barangsiapa yang berdebat tanpa ilmu dalam suatu pertikaian maka dia akan tetap berada dalam kemurkaan Allah sampai dia berhenti.”  (HR. Hakim, Baihaqi, dan Thabrani).

(beberapa penyakit lisan dilewatkan, bukan berarti tidak penting, maka bacalah kitab Ihya’ Ulumiddin Imam Ghozali hal.329 )

Penyakit lisan yang selanjutnya adalah banyak bersenda-gurau.  Pada dasarnya bersendagurau merupakan sesuatu yang tidak diperbolehkan dan dicela, kecuali apabila hal itu dilakukan secara tidak berlebihan.  Rasulullah saw. Bersabda,
“sesungguhnya aku pernah bersenda gurau dan tidak mengatakan sesuatu selain kebenaran.”   (HR.Tirmidzi, Ahmad, dan Haitsami).

Sumber: Mukhtashar Ihya’ Ulumiddin Imam Al-Ghazali bab Penyakit lisan

No comments: